Prospek Saham Agro 2021 Yang Perlu Diketahui Investor

Prospek saham Agro menjadi salah satu informasi yang banyak dicari investor pada 2021 ini. Status suspensi yang sempat disematkan BEI pada Agro tahun lalu akibat kenaikan harga saham yang tidak wajar tentu menjadi berita yang terus dikulik investor.

Hal ini tentu berkaitan dengan kemungkinan investor dapat membeli atau menjual saham dari PT BRI Agroniaga, Tbk ini. Apalagi dengan rencana penambahan right issue di akhir tahun ini yang mencapai 2 milyar lebih. Nah, lalu bagaimana sebenarnya prospek saham ini? Berikut ulasannya:

1. Kondisi Fundamental yang Positif

Hal pertama yang harus diperhatikan dari prospek saham adalah melalui kondisi fundamental yang baik. PT BRI Agroniaga tetap berada pada tren positif ini. Peningkatan total aset PT BRI Agroniaga, Tbk berhasil meningkat setiap tahunnya.

Hal ini juga mendapat dukungan dari peningkatan pinjaman kredit sebagai jenis usaha utama BRI Agroniaga. Peningkatan kredit pinjaman ini berhasil mencapai 31 persen dari angka terakhir pada 2020 lalu. Tentunya hal ini merupakan trend positif yang cukup penting dipertimbangkan investor.

2. Kapitalisasi Pasar Tinggi

Menilai prospek saham Agro selanjutnya dapat dilihat melalui nilai kapitalisasi pasar yang dibukukan. Tentu bukan rahasia umum bila kapitalisasi pasar dengan nilai yang ada pada angka 500 miliar lebih adalah  kapitalisasi saham yang baik.

Melihat dari perkembangan perusahaan yang pesat maka, bukan hal mustahil bila Agro berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar yang tinggi. Bahkan nilai kapitalisasi ini berhasil mencapai angka 28,71 triliun pada april 2021 lalu. Hal ini membuat PT BRI Agroniaga, Tbk berhasil menduduki peringkat 9 pada pasar industri terkait.

3. Harga Saham Flat

Harga tentu juga mempengaruhi prospek dari saham. Hal ini tentu juga berlaku untuk saham Agro. Peningkatan harga saham yang berlangsung secara bertahap menuju uptrend positif sejak tahun lalu bahkan sempat menyebabkan terjadinya suspensi dari BEI.

Namun, harga saham ini memang tengah mengalami kemerosotan harga pada bulan september 2021. Bahkan harga turun mencapai 2,350  atau 2 persen dari harga sebelumnya. Harga ini berada pada wave III yang menunjukkan angka flat pada suatu pergerakan saham.

4. Pengembangan Produk

Prospek bisnis dalam pengembangan produk yang dilakukan oleh PT BRI Agroniaga, Tbk tentunya juga menjadi faktor penting dalam pergerakan saham Agro. Hal inilah kemudian yang membuat BRI Agroniaga mulai serius dalam pengembangan Agro Digital.

Layanan produk baru ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi saham Agro. Tentunya adanya pengembangan produk baru yang mulai direncanakan dengan matang oleh BRI Agroniaga menjadi poin penting untuk investor.

5. Laporan Keuangan yang Baik

Sejak didirikan PT BRI Agroniaga, Tbk laporan keuangan yang dicatatkan selalu dalam angka positif. Laba bersih terus mengalami kenaikan hingga 2021 ini. Bahkan saham Agro sendiri hampir tidak memiliki trend negatif dalam setiap pergerakan harganya.

Penurunan harga yang membuat terjadinya Three White Soldiers yang membuat saham mengalami penurunan harga dibatas stabil. Tentunya trend ini masih berada pada angka normal untuk investor dalam melakukan investasi.

Nah, itulah tadi prospek saham Agro yang tengah dalam trend Three White Soldiers. Melalui penyebutan prospek diatas tentu bisa diambil kesimpulan bahwa saham Agro memiliki tren positif. Prospek ini juga bisa dijadikan acuan saat investor ingin membeli saham dari PT BRI Agroniaga, Tbk. Tentunya tetap dengan menggunakan analisis sebagai pendukung.

 

========================