Berharap Transformasi Digital Berhasil, BRI Terus Mengembangkan Profesional TI Dengan Baik.

Era digitalisasi yang semakin berkembang memaksa banyak perusahaan mengadopsi teknologi terkini dan mengembangkan produk dan layanan digital yang sesuai dengan tuntutan pasar. Salah satunya adalah bank terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang terus mengakselerasi dan mendorong transformasi digital di Indonesia.

Hal ini menunjukkan kinerja super apps BRImo yang mendapat respon positif dari masyarakat. Volume transaksi keuangan melalui BRImo mencapai Rp 2.669 triliun pada tahun 2022, naik lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun mencapai 1,83 miliar transaksi dari sisi transaksi.

Pencapaian ini juga tidak terlepas dari strategi BRI untuk menyelaraskan layanan perbankan digital dan meningkatkan kualitas layanan perbankan digital dengan upaya BRI untuk lebih mengembangkan talenta digital. Arga M. Nugraha, Direktur Teknologi Digital dan Informasi BRI, mengatakan kebutuhan talenta digital saat ini sedang meningkat.

“BRI terus meningkatkan keterampilan digital talent dengan memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada pegawai BRILiaN untuk melakukan berbagai pelatihan baik secara online maupun offline,” ujarnya.

Untuk menjamin kualitas pendidikan, BRI bermitra dengan sejumlah institusi pendidikan internasional ternama, antara lain Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Gartner, firma riset dan konsultan teknologi yang berbasis di Stanford, Connecticut, Amerika Serikat.

Di bidang teknologi informasi, BRI meningkatkan pemrosesan big data dan penggunaan artificial intelligence (AI). Berbagai layanan perbankan diciptakan untuk lebih menjawab kebutuhan pasar dan perkembangan di era digital. Keberhasilan ini juga memotivasi BRI untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah.

Penguatan model operasi TI misalnya akan terus dilengkapi dengan karya kompeten talenta digital. BRI juga melakukan transformasi sejalan dengan rencana transformasi BRIvolution 2.0 kami. “Talenta digital BRI terbuka dan terekspos pada perkembangan terkini. Hal ini dilakukannya dengan memberikan akses informasi dan edukasi seluas-luasnya kepada mereka,” tambahnya. BRI banyak mengirimkan talenta-talenta digitalnya untuk memperluas wawasan, antara lain melalui program beasiswa internasional dan sertifikat profesi di berbagai bidang teknologi informasi.

Pencapaian yang diraih merupakan bukti pencapaian talenta digital sebuah perusahaan. Sama seperti tahun lalu, dua staf BRILiaN, yakni Nur Arifin Akbar dan Nithia Rahmi, berhasil meraih finalis medali perak UN World Innovation Day Hack 2022 sebagai Blockchain Center of Excellence Team BRI yang berkompetisi di ruang blockchain.

Arga melanjutkan, hal-hal tersebut merupakan bukti dukungan penuh BRI dalam mengembangkan minat dan bakat warga BRIL. Mereka didorong untuk mencapai potensi penuh mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan bangga baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Ini juga merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing global perusahaan.

Perusahaan telah menerima berbagai penghargaan teknologi, termasuk “Bank Digital Terbaik” pada Penghargaan Perbankan Digital 2022, penghargaan Teknologi Digital (DIGITECH) 2022, termasuk “Transformasi dan Inovasi Digital Terbaik di Ritel dan Microbanking”, “Perencanaan IT terbaik dan portofolio proyek dalam perdagangan eceran. dan industri microbanking, serta kesiapan digital yang lebih baik untuk G20 di industri retail dan microbanking. Yang lainnya adalah “Best Bank in Digital Services” dalam kategori “Group of Banks” berdasarkan Modal Inti (KBMI) 4 pada ajang TEMPO Financial Award (TFA) 2022.