Ajak WIR Asia, Pengembang Ini Bawa Proyek Properti Ke Dunia Metaverse

Pengembang PT Diamond Development Indonesia (DDI), anak usaha Mitsubishi Corporation dan PT Pakuan Tbk menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama menggunakan teknologi metaverse yang dikembangkan oleh WIR Asia.

WIR Asia adalah perusahaan berbasis teknologi augmented reality (AR).

Proyek real estate yang berkembang ke dunia metaverse adalah Shila di Sawangan. Dengan dukungan teknologi AR di metaverse, update terbaru proyek real estate ini dapat dipantau terus menerus di dunia maya dan dapat dilihat oleh pemilik rumah.

Dengan cara ini mereka juga akan dapat menikmati fasilitas, layanan, sarana dan prasarana yang tidak hanya ada di dunia nyata tetapi juga di dunia maya.

“Kami sedang melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi membangun kota pintar ini. Teknologi AR yang diteliti merupakan teknologi sistem cerdas yang dapat memberikan dampak positif, ramah lingkungan, mudah digunakan dan relevan dengan perkembangan saat ini,” ujar Presiden Direktur PT DDI, Kenji Ono.

Kenji mengatakan pihaknya juga sedang mempertimbangkan untuk menghubungkan dunia maya Metaverse dengan kehidupan nyata.

Head of Marketing Shila Sawangan, Denny Aslim mengatakan, pihaknya terus mengembangkan infrastruktur dan fasilitas baru bagi pemilik unit di proyek perumahan ini.

“Kami juga membahas beberapa kerjasama besar, bekerja sama dengan perusahaan nasional dan internasional untuk mempercepat terwujudnya kota digital modern ini,” kata Denny.

Daniel Surya Group Chief Executive & Co-Founder WIR menambahkan, “Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), dan augmented reality (AR).

Platform tersebut juga dikatakan menampilkan kota-kota besar di tanah air yang akan dibangun dengan pemerintahan yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, akan ada kota-kota besar di Indonesia.

Pengembangan Metaverse Indonesia tahap pertama ditargetkan selesai pada akhir 2022. Pemerintah sendiri sebelumnya menargetkan platform Metaverse Indonesia diluncurkan pada Presidensi G20 Indonesia 2022.

Pembangunan ekosistem Metaverse Indonesia akan dibangun secara bertahap. WIR Group memperkirakan seluruh ekosistem Metaverse Indonesia akan berkembang dalam waktu 5 hingga 6 tahun.

========================