Penggalangan Dana Digital Naik 44 Persen, BSI Maslahat Salurkan Modal Ke 577 UMKM

Penggalangan dana dari para donatur oleh Ziswaf BSI Maslahat melalui platform digital meningkat 12,7% year-over-year pada tahun 2022, dengan dana yang terkumpul mencapai Rp177 miliar.

Keberhasilan penghimpunan dana mencapai 40 persen dari total penggalangan dana yang dilakukan BSI Maslahat pada tahun 2022.

Sedangkan penggalangan dana BSI Maslahat melalui platform non-digital mencapai Rp 228 miliar pada 2022.

Pada tahun 2021, penghimpunan dana melalui platform non-digital mencapai Rp152 miliar, sedangkan penghimpunan dana melalui platform digital mencapai Rp157% atau meningkat 67% year-on-year pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020.

Riko Vardhana, CEO BSI Maslahat, mengatakan BSI Maslahat akan mendorong donatur berdonasi melalui platform digital ini ke depannya karena respon masyarakat terhadap berbagai program sosial ekonomi yang mereka jalankan selama ini cukup baik.

Dikatakannya, BSI Maslahat selama ini telah melaksanakan berbagai program yang mencakup 33 provinsi.

Pihaknya menyalurkan 577 bantuan modal UMKM dan 3541 poin, menyalurkan beasiswa kepada 1470 penerima dengan rincian 72 kampus, 6 pesantren, 240 pesantren dan 13 desa berdaya, 469 masjid, 3541 bantuan amal, 6 program desa baru, 171 mitra. institusi.

“BSI Maslahat hadir sebagai mitra strategis BSI dan ZISWAF pengelola yayasan, CSR dan lembaga pengelola dana sosial yang terpercaya dan profesional,” ujarnya dalam acara Grand Launching & Public Expose BSI Amanah di Gedung Smesco, Jakarta pada Senin, 30 Januari. , 2023.

Dikatakannya, BSI Maslahat merupakan hasil transformasi BSM Umat, sekaligus mitra utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk dalam menyebarkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

Ketua Dewan Pembina BSI Maslahat yang juga Ketua Pelaksana BSI Heri Gunardi mengatakan, transformasi yang dipimpin BSI Maslahat bukan sekadar penggabungan organisasi.

Namun juga penyatuan visi dan misi sebagai institusi yang “leader in penguatan ekosistem ekonomi syariah.

“Tahun ini, BSI Maslahat telah membuat tiga komitmen, antara lain, pertama, menggandeng ekosistem ekonomi syariah untuk berkembang secara dinamis dan bersama-sama memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan ZISWAF dan keuangan syariah,” ujar Heri Gunardi.

Kedua, lembaga ini juga menciptakan produk-produk pemberdayaan yang bersaing di pasar dan mempersatukan perekonomian nasional untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan yang ketiga menciptakan sumber daya baru untuk keberlanjutan kelembagaan.

Bersamaan dengan peresmian dan pameran publik BSI Maslahat, penghargaan juga diberikan kepada individu, komunitas atau institusi; Penandatanganan MoU dengan 10 lembaga mitra, BSI Maslahat dan BSI MoU tentang Griya dan Mitraguna Maslahat dan wakaf PKS Kerjasama antara BSI Maslahat dan Muwakif serta negosiasi terkait ZISWAF dan Cash Waqf.

Ketua Pelaksana BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro mengatakan BSI Maslahat siap bertransformasi menjadi organisasi Zakat yang kredibel, modern dan dinamis.

Sebagai mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam menyalurkan dan menghimpun dana dari ZISWAF, CSR dan dana sosial, BSI Maslahat mengandalkan indikator keberlanjutan untuk memastikan seluruh programnya diadopsi secara luas.

Tahun ini BSI Maslahat meluncurkan kampanye dan produk baru seperti Give 20k dan goamal.org. Program kampanye “Beri 20.000” meliputi bisnis, pendidikan, kemanusiaan, masjid, dan sebagainya.

Goamal adalah platform pengumpulan Zakat, Infaq dan Wakaf online yang dioperasikan oleh BSI Maslahat.