Perdagangan Saham Hari Ini, Waspadai Profit Taking Para Paus Investor

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (31/3/2022) meriah.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,26% ke level 7.071,44.

Analis MNC Securities Herditya Wicaksana mengatakan pergerakan IHSG telah menembus level resistance tersebut, namun ditutup sedikit di bawah resistance tersebut.

Herditya mengatakan pergerakan IHSG pada Kamis (31/13) juga dipengaruhi arus masuk asing sebesar Rp 769 miliar.

“Kehadiran titik damai yang cerah dalam konflik Rusia-Ukraina juga mempengaruhi pergerakan IHSG,” kata Kontan, Kamis (31/3).

Herditya mengatakan rilis data inflasi dari dalam negeri akan mempengaruhi pergerakan IHSG pada perdagangan Jumat (1/4/2022).

Dari perspektif global, investor masih mencermati hasil obligasi AS. Herditya memperkirakan IHSG rentan terhadap koreksi forward dengan support di 6.977 dan resistance di 7.073 pada Jumat (1/4).

Analis Phintraco Securities Valdy Kurniawan menambahkan investor harus mewaspadai potensi profit taking pada Jumat (1/4), setelah membentuk pola bintang doji setelah uji resistance 7.100 pada Kamis (31/3).

Kerentanan ini didukung oleh tren turun di Stochastic RSI hingga area oversold.
Saham-saham yang perlu diwaspadai antara lain IMPC, MLIA, serta saham-saham yang berpotensi rebound, seperti AALI, HEAL, SIDO dan ELSA.

Tekanan inflasi dan saham-saham yang sensitif terhadap suku bunga, khususnya di sektor barang konsumsi dan real estate, diperkirakan masih akan berlanjut pada Jumat (1/4).

“Inflasi diperkirakan akan naik menjadi 2,55% yoy pada Maret 2022, dari 2,06% yoy pada Februari 2022. Kekhawatiran terhadap kenaikan inflasi yang terus berlanjut menimbulkan spekulasi bahwa BI akan mempercepat normalisasi kebijakan moneter,” kata Valdy.

Secara eksternal, dampak perang Rusia-Ukraina dan peningkatan kasus COVID-19 mulai terlihat pada penurunan indeks manufaktur China menjadi 49,5 pada Maret 2022, dari 50,2 pada Februari 2022.
Sektor industri menjadi salah satu kelemahan terburuk. . . sektor di BEI, Kamis (31/31).

(Pendatang Baru Laoli/Ika Puspitasari)

Artikel ini tayang di Kontan.co.id dengan judul “IHSG Diprediksi Rawan Koreksi Pada Perdagangan Saat Ini, Jumat (1/4) “